Patut Anda Kunjungi, 3 Lokasi Selancar Terbaik di Indonesia


Pipo - Selancar merupakan salah satu olahraga air, yang dilakukan saat ombak tinggi. Olahraga ini dilakukan dengan menggunakan papan, sebagai alat untuk bermanuver di atas ombak.

Selancar juga termasuk salah satu olahraga yang memacu adrenalin anda. Sebab anda akan ditekan untuk selalu mengarahkan papan selancar sekaligus menjaga keseimbangan tubuh saat papan dan ombak sudah menyatu dengan mengandalkan arus ombak yang tinggi.

Untuk melakukan olahraga ini, dipilih lokasi dengan ombak yang tinggi. Beberapa lokasi ini ternyata juga ada di Indonesia, lho. Berikut ini dipaparkan tiga lokasi selancar terbaik di Indonesia, antara lain:

1. Pantai Bangko-Bangko (Desert Point) di Lombok


Pantai Bangko-Bangko atau yang lebih dikenal dengan Desert Point, adalah salah satu lokasi berselancar terbaik di Indonesia. Tak hanya itu saja, lokasi ini juga termasuk dalam nomor 6 lokasi selancar favorit di dunia versi International Surfing Association.

Pantai Bangko-Bangko ini terletak di Kecamatan Sekotong Lombok Barat, tepatnya di Barat Daya Pesisir Lombok. Pantai memiliki ciri khas dengan Ombak Kiri, dimana ketika berselancar ada saat yang dinamakan "lefthand"  yaitu ketika terdorong ombak dan hanya bisa meluncur ke sisi kiri.

Di Pantai Bangko-Bangko ini, anda juga bisa menemukan tipe ombak yang tidak mudah pecah dan berbentuk dinding cekung selama 10 detik atau bahkan mencapai 20 detik lamanya dengan dinding terpanjang yang mencapai 300 meter. Ombak jenis ini merupakan ombak yang paling dicari oleh para peselancar, baik lokal maupun mancanegara.

2. Pantai Plengkung (G-Land) di Banyuwangi


Pantai Plengkung atau biasa disebut dengan (G-Land), memang telah lama dikenal sebagai tempat andalan para peselancar, baik lokal maupun mancanegara. Pantai Plengkung ini terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Ombak di pantai Plengkung atau G-Land ini, baru akan pecah setelah 1 hingga 2 km dari arah timur ke barat dengan ketinggian mencapai 4-6 meter dalam interval 5 menit. Kondisi seperti ini, membuat para peselancar dapat menikmati gulungan ombak atau "barrel" yang lebih lama dan panjang. Karena ombaknya itulah, Pantai Plengkung telah dijadikan tuan rumah ajang Surfing Internasional, sebanyak lima kali.

3. Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat


Salah satu lokasi terbaik selancar lainnya di Indonesia, terletak di Provinsi Sumatera Barat yakni Kepulauan Mentawai. Kepulauan Mentawai sendiri berlokasi tepat di tengah Samudera Hindia, yang membuat lokasi ini dikelilingi alam laut yang indah dan mengagumkan.

Di kepulauan Mentawai ini, terdapat beberapa spot selancar dengan ombak yang besar dan tinggi, antara lain di Desa Bosua yang memiliki gulungan ombak mencapai 3 meter, Pulau Nyang Nyang di Desa Katurei dengan ketinggian ombak mencapai kurang lebih 4 meter atau Pulau Karamajat yang memiliki ombak panjang dan tinggi yaitu mencapai 2 hingga 4 meter. Karena banyaknya spot selancar ini, Kepulauan Mentawai dijuluki juga sebagai surganya para peselancar.
Previous
Next Post »