Berbagai Penyebab Jerawat di Wajah dan Cara Mengatasinya

Gambar wajah yang berjerawat


Pipo - Anda tentu merasa jengkel jika ketika bangun tidur melihat jerawat muncul di bagian wajah, utamanya di daerah sekitar pipi, hidung, dahi, ataupun dagu. Namun, tahukah anda bahwa munculnya jerawat di daerah itu ternyata disebabkan oleh beberapa hal berikut:

1. Jerawat di Sekitar Garis Rambut

Munculnya jerawat di sekitar garis rambut, yakni sekitar pelipis dan dahi, disebabkan oleh penggunaan minyak rambut ataupun masih adanya sisa-sisa sabun pembersih wajah. Pasalnya, minyak rambut ini bisa menghalangi minyak alami (sebum) yang dikeluarkan oleh pori-pori. Akhirnya, pori-pori wajah tersumbat dan jerawat pun muncul. Jika hal ini terjadi pada anda, sebaiknya coba hentikan penggunaan produk minyak rambut berlebih.

Jika penyebab jerawat tersebut adalah adanya sisa-sisa sabun pembersih wajah di area sekitar rambut, anda sebaiknya membilas area wajah tadi dengan bersih. Sebab sisa-sisa sabun pembersih wajah tadi bisa menghalangi minyak alami (sebum) yang dikeluarkan oleh pori-pori. Akhirnya, pori-pori wajah tersumbat dan jerawat pun muncul.

2. Jerawat di Bagian Pipi

Bagian wajah lain yang juga terdampak jerawat adalah pipi. Penyebab jerawat di pipi ini ada beberapa macam, misalnya sarung bantal yang tidak bersih, ponsel yang kotor, kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, atau bahkan karena keringat yang menumpuk di balik hijab. Sebab bakteri bisa menempel di mana saja, termasuk di tangan, sarung bantal, ponsel, ataupun kain kerudung.

Untuk mencegah penyebab tersebut, sebaiknya anda tidak lupa untuk mengganti sarung bantal atau selimut setiap minggu. Agar sarung bantal anda tetap bersih dan tak menyimpan bakteri yang bisa memunculkan jerawat di pipi.

Tidak hanya itu, pastikan pula layar ponsel anda selalu bersih. Takutnya, ada bakteri yang menempel di layar ponsel. Jika anda mengangkat telepon, dikhawatirkan bakteri tadi bisa pula menempel di pipi dan menimbulkan jerawat. Tidak hanya ponsel saja, jaga pula kebersihan barang-barang lain yang anda gunakan, apalagi yang bersentuhan dengan area wajah.

3. Jerawat di Dagu

Tumbuhnya jerawat di daerah dagu, biasanya disebabkan oleh naik atau turunnya kadar hormon dalam tubuh. Jerawat akibat hormon yang tidak stabil ini, biasanya terjadi karena adanya kadar androgen berlebih. Alhasil, kelenjar minyak di wajah pun, kemudian memproduksi minyak berlebihan dan akhirnya menyumbat pori-pori.

Kondisi sebagaimana di atas ini biasanya muncul menjelang menstruasi atau saat peralihan penggunaan alat kontrasepsi. Untuk mengatasi permasalahan jerawat yang diakibatkan oleh perubahan hormon ini, sebaiknya anda konsultasikan ke dokter untuk mengetahui obat yang tepat.

4. Jerawat di Dahi dan Hidung

Jerawat di area dahi dan hidung (T-zone), biasanya disebabkan oleh keadaan kulit wajah yang berminyak dan stres. Kondisi stres ini bisa memperburuk keadaan jerawat. Selain itu, kekurangan waktu untuk tidur juga bisa menyebabkan jerawat pada area ini.

Untuk mengatasinya, sebaiknya anda mulai mengelola stres dengan baik, seperti melakukan olahraga rutin ataupun meditasi. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kulit dengan menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung asam salisilat, yang bisa mengurangi produksi minyak berlebih di wajah.
Oldest