Jarang Diketahui, 5 Khasiat Kulit Pisang Berikut Ini


Pipo - Pisang adalah salah satu buah yang enak, dan mudah didapatkan di negara-negara beriklim tropis. Tak hanya itu, harganya pun cukup terjangkau. Daging buahnya sangat manis dan legit.

Tak hanya daging buahnya lho, ternyata kulit pisang juga memiliki beberapa manfaat. Berikut ini lima manfaat kulit pasang, yang jarang diketahui orang.

1. Menyembuhkan Gatal, Ruam, dan Bekas Gigitan Serangga

Khasiat pertama dari kulit pisang adalah bisa menyembuhkan kulit ruam, gatal, dan bentol akibat gigitan serangga. Caranya cukup mudah, kamu cukup menggosokkan kulit pisang di area kulit yang memerah tersebut.

2. Memutihkan Gigi

Khasiat lainnya dari kulit pisang, adalah membersihkan dan memutihkan gigi. Caranya, kamu hanya perlu menggosokkan kulit pisang selama dua menit sebelum menggosok gigi. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara tersebut berturut-turut selama dua minggu.

3. Membersihkan Perabotan Berbahan Perak

Tak hanya membersihkan gigi, kulit pisang ternyata dapat membersihkan perabotan rumah berbahan perak. Untuk bisa melakukannya, cukup blender kulit pisang yang terlebih dahulu dicampur dengan air. Kemudian, oleskan campuran tadi pada permukaan perabotan hingga mengkilap.

4. Menyemir Sepatu dan Benda-benda Berbahan Kulit

Untuk sepatu atau benda-benda berbahan kulit, kulit pisang ternyata bisa diaplikasikan untuk membersihkannya. Caranya pun terbilang mudah. Kamu hanya perlu menggosok bagian dalam kulit pisang pada sepatu kulit. Kemudian, bersihkan dengan lap halus hingga mengkilap. Tak hanya sepatu, kulit pisang bisa diaplikasikan pula pada benda-benda berbahan kulit lainnya seperti jaket, sofa, dan tas.

5. Menyuburkan Tanaman

Kandungan kalsium dan magnesium dalam kulit pisang, ternyata bermanfaat dalam penyuburan tanah. Kamu cukup meletakkan kulit pisang di dalam pot atau meletakkannya di sekitar tanaman. Dijamin bikin tanamanmu tambah subur, apalagi pohon tomat.


Itulah beberapa khasiat kulit pisang, yang jarang diketahui orang. Dari beberapa khasiat tersebut, mana yang pernah kamu lakukan? Tulis jawabannya di kolom komentar. Bagi kamu yang ingin melihat tips dapur lainnya, langsung saja klik di sini.
Newest
Previous
Next Post »