4 Manfaat Rutin Pakai Masker Kopi bagi Kulit


Pipo - Selain dijadikan sebagai minuman penghilang rasa kantuk, kopi ternyata bisa dimanfaatkan sebagai masker perawatan kulit. Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan masker kopi? Berikut ini beberapa manfaat masker kopi bagi kulit, antara lain:

1. Mencerahkan Kulit

Manfaat penggunaan masker kopi yang pertama adalah mencerahkan kulit. Menurut Dr. Julia Hunter, seorang dokter kulit di Beverly Hills, California mengatakan bahwa masker kopi dapat membuka pori-pori yang tersumbat dan menyamarkan garis-garis halus di wajah.

Kandungan asam di dalamnya, dapat juga dimanfaatkan untuk mengangkat sel kulit mati dan memperlancar aliran darah ke jaringan kulit. Tak hanya itu, masker kopi bisa pula membuat kulit anda tampak cerah bersinar jika rutin digunakan.

2. Mencegah Kanker Kulit

Berdasarkan penelitian dari jurnal Proceeding National Academy of Sciences 2011, menemukan bahwa kopi dapat berguna dalam proses pencegahan kanker kulit. Senyawa kafein dalam kopi, dapat melindungi kulit dari resiko kanker kulit.

Menurut Erikka Loftfield, peneliti dari Yale School of Public Health yang mengatakan bahwa kopi dapat mengurangi efek paparan sinar matahari dan sinar UV. Hal ini tentu mengurangi resiko kulit anda terkena kanker walaupun persentasenya terbilang rendah.

3. Memudarkan Selulit

Manfaat lain dari masker kopi adalah memudarkan selulit. Efek kopi yang bertindak sebagai eksfoliator, diduga dapat membantu menyamarkan selulit. Hal ini sejalan dengan sebuah penelitian dari Journal of Cosmetology pada tahun 2008. Dalam studi ini, diketahui kandungan kafein ternyata bisa mengurangi selulit sebanyak 17 persen dari diameter sel lemak.

4. Menghilangkan Mata Panda

Manfaat terakhir dari masker kopi adalah untuk menghilangkan mata panda. Saat dioleskan pada kulit, kafein dapat mengurangi munculnya mata panda alias kantung mata. Menurut Jeanette Graf, M.D, seorang pakar kesehatan kulit, mengatakan bahwa kafein dapat menyempitkan pembuluh darah di bawah kulit sehingga "bengkak" di bawah mata perlahan-lahan mereda. Sehingga mata panda anda perlahan-lahan memudar.
Previous
Next Post »