Resep Es Cendol Dawet


Pipo - Saat siang hari yang panas dan terik, hidangan es cendol dawet bisa menjadi salah satu minuman alternatif. Minuman ini sering disebut juga sebagai es dawet, yang terbuat dari bahan dasar tepung hunkwe dan tepung beras yang diberi warna hijau dari pasta pandan. Biasanya es cendol dawet ini disajikan dengan sirup gula merah sebagai penambah rasa manis. Agar lebih nikmat, anda bisa menambahkan dengan potongan buah nangka sebagaimana resep di bawah ini.


Bahan Cendol

1.) 120 gram tepung hunkwe
2.) 25 gram tepung beras
3.) 1 sendok teh pasta pandan
4.) 700 mL air
5.) 1 sendok teh garam
6.) Es batu secukupnya


Bahan Saus Gula Merah

1.) 300 gram gula merah, diiris halus
2.) 100 gram gula pasir
3.) 500 mL air
4.) 3 lembar daun pandan


Bahan Saus Santan

1.) 500 mL santan instan
2.) 300 mL air
3.) 1 sendok teh garam
4.) 2 lembar daun pandan


Cara Membuat Es Cendol Dawet

1.) Untuk pembuatan saus gula merah, campurkan semua bahan kemudian masak hingga mendidih. Lalu, angkat dan saring. Kemudian, dinginkan saus gula merah.
2.) Untuk pembuatan saus santan, campurkan semua bahan kemudian masak sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih. Kemudian, angkat dan dinginkan.
3.) Selanjutnya, campurkan tepung hunkwe, tepung beras, air, pasta pandan, dan garam. Lalu, aduk hingga rata. Masak sambil terus diaduk-aduk hingga adonan meletup-letup dan matang.
4.) Kemudian, siapkan air matang dalam baskom lalu beri bongkahan es batu di dalamnya.
5.) Selanjutnya, masukkan adonan cendol yang sudah matang tadi ke dalam cetakan cendol. Tekan pelan-pelan cetakannya. Lalu, posisikan cetakan cendol di atas baskom sehingga cendol jadi akan langsung masuk ke dalam baskom. Kemudian, lakukan sampai semua adonan habis.
6.) Setelah itu, ambil cendol yang telah jadi dan tiriskan.
7.) Untuk penyajian es cendol dawet, masukkan beberapa sendok cendol (sesuai selera) ke dalam gelas saji. Lalu, tuang saus gula merah dan santan secukupnya. Kemudian, tambahkan es batu.
8.) Terakhir, es cendol dawet buatan anda siap untuk disajikan.


Catatan:
a.) Dalam penyajiannya, anda bisa menambahkan potongan nangka sesuai selera anda.
b.) Resep es cendol dawet sebagaimana di atas, hanya bisa dibuat untuk 6 porsi saja.
Previous
Next Post »