3 Tempat Wisata Kuliner di Surabaya Berikut Ini, Patut untuk Dikunjungi


Pipo - Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia, yang juga sering disebut sebagai kota Pahlawan sebab sejarah panjang yang terjadi di masa perebutan kemerdekaan. Tak hanya itu, Surabaya juga merupakan kota dengan penduduk terbanyak kedua di Indonesia. Hal inilah yang membuat banyak pusat-pusat perbelanjaan di bangung di Surabaya.

Namun tidak hanya itu, Surabaya juga terkenal dengan beragam tempat wisata kulinernya. Ada beragam jenis makanan yang disajikan dan sangat disayangkan untuk dilewatkan. Nah, jika anda berkesempatan ke kota Surabaya, cobalah berkunjung ke tempat-tempat berikut ini:

1. Sate Klopo Ondomohen


Klopo dalam bahasa Jawa, berarti kelapa. Walau begitu, sate ini tidak berkaitan dengan sate kelapa. Sate klopo Ondomohen merupakan sate daging sapi, ayam, usus, udang, atau sumsum yang dibakar dan disajikan dengan bumbu sate seperti pada umumnya. Walaupun terlihat sama, tapi rasa yang disajikan sangat berbeda.

Irisan sate yang disajikan lebih besar dan sudah dibumbui terlebih dahulu dengan kelapa yang telah disangrai. Bumbu inilah yang membuat sate klopo Ondomohen berasa gurih. Seporsi sate klopo Ondomohen dihargai sekitar Rp 20.000,00 saja. Jika anda ingin mencoba sate ini, anda cukup datang saja ke Jalan Walikota Mustajab no. 36, Surabaya.

2. Rujak Cingur Delta


Rujak cingur adalah salah satu jenis kuliner Surabaya, yang tidak boleh anda lewatkan untuk dicicipi. Bahan makanan ini berupa kacang panjang, lontong, tahu, tempe, kangkung, taoge, mangga muda, nanas, kedondong, dan cingur. Bahan-bahan ini kemudian disiram dengan bumbu yang terbuat dari campuran petis udang, cabai, kacang tanah, dan air matang. Sebagai pelengkap, anda bisa menambahkan taburan bawang goreng di atasnya.

Untuk bisa menikmati rujak cingur Delta, anda bisa langsung datang ke Jalan Kayon Blok D no. 46 Embong Kemiri, Surabaya. Harga untuk seporsi rujak cingur Delta ini adalah sekitar Rp 30.000,00. Rujak cingur Delta ini merupakan resep yang sudah bertahan turun-temurun, dan dijamin rasanya lezat.

3. Nasi Goreng Jancuk


Walaupun anda bisa menemukan banyak nasi goreng di beberapa tempat, namun nasi goreng Jancuk ini merupakan nasi goreng yang berbeda. Jika anda berkunjung ke Surabaya, jangan lewatkan untuk mencoba kuliner yang satu ini.

Asal muasal nama "Jancuk" pada nasi goreng ini, berasal dari kata yang keluar saat pelanggan mencicipi sajian ini. Koki yang membuat ini, memang sengaja menambahkan banyak cabai rawit di dalamnya. Untuk bisa menikmati nasi goreng ini, anda bisa mengunjungi nasi Goreng Jancuk di Royal Plaza. Porsi yang disajikan cukup banyak, sekitar empat sampai lima orang. Per porsi nasi goreng ini, dihargai sekitar Rp 150.000,00 saja.

Itulah beberapa tempat wisata kuliner di Surabaya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Untuk bisa melihat postingan lainnya tentang wisata, anda bisa langsung klik saja di sini.
Previous
Next Post »