5 Aktris Film yang Pernah Memerankan Kartini


Pipo - Tanggal 21 April lalu, kita telah memperingati hari kelahiran Raden Ajeng Kartini. Kartini, sapaan akrabnya, merupakan pejuang emansipasi perempuan di masanya. Karena jasa-jasanya itulah, banyak rumah produksi yang mengangkat kisah ibu Kartini menjadi film layar lebar. Mengingat, tidak semua cerita pahlawan nasional yang ada difilmkan.

Sejauh ini, terdapat tiga film yang menceritakan tentang kisah hidup RA Kartini. Dengan lima aktris film yang pernah memerankan sosok beliau. Tahukah anda kelima aktris tersebut? Berikut kami sajikan secara lengkap.

1. Yenny Rachman


Aktris pertama yang pernah memerankan sosok RA Kartini adalah Yenny Rachman. Dirinya memerankan sosok pejuang emansipasi itu dalam film yang berjudul "RA Kartini (1982)" garapan sutradara Sjumandjaja. Film tentang Kartini ini termasuk salah satu film sejarah terbaik, yang pernah dibuat pada dekade tahun '80-an.

Saat didapuk untuk memerankan sosok Kartini, Yenny Rachman mampu menampilkan akting yang bagus. Pendalaman karakternya mendapat banyak sanjungan dan pujian. Hal ini terbukti dari raihan empat Piala Citra untuk film ini di tahun 1983.

2. Rania Putrisari


Sosok aktris lainnya yang pernah memerankan Kartini adalah Rania Putrisari. Aktris asal Surabaya ini memerankan Kartini dalam film berjudul "Surat Cinta untuk Kartini (2016)". Film ini juga dibintangi oleh aktor dan aktris terkenal lainnya, seperti Chicco Jerikho, Ence Bagus, hingga Acha Septriasa.

Dalam film tersebut, Rania Putrisari berhasil memerankan sosok Kartini dengan begitu gemilang. Bahkan karena film ini juga dirinya masuk dalam nominasi "Pemeran Pendatang Baru Terbaik" dan "Pendatang Baru Terfavorit" dalam ajang Indonesia Movie Award 2017. Hal yang menariknya adalah Rania mendapatkan peran ini usai lolos audisi secara daring.

3. Neysa Chandra Melisenda


Neysa Chandra Melisenda, mungkin nama ini belum telalu dikenal khalayak ramai. Namun diusia belianya tersebut, ada setidaknya dua film yang pernah dibintangi. Yakni Habibie dan Ainun 3 (2019) dan Kartini (2017).

Dalam film garapan Hanung Bramantyo tersebut, Neysa berperan sebagai Kartini kecil. Memang, kemunculannya tidak begitu banyak. Tapi kehadirannya cukup memberi pengaruh bagi para penonton dan kritikus film. Buktinya, Neysa masuk dalam nominasi "Penampilam Artis Cilik Terbaik" di ajang Festival Film Indonesia 2017.

4. Adelheid Bunga


Tidak hanya Neysa, film Kartini (2017) juga menampilkan Adelheid Bunga sebagai sosok Kartini saat remaja. Meskipun sebagai pendatang baru, Adelheid Bunga mampu memerankan sosok RA Kartini di usianya yang ke-14 tahun. Meski adegannya tidak terlalu banyak, namun dirinya cukup menjadi transisi yang baik ketika Kartini remaja dan beranjak dewasa.

5. Dian Sastrowardoyo


Aktris pemeran Kartini lainnya di film Kartini (2017), adalah Dian Sastrowardoyo. Dirinya didapuk untuk memerankan Kartini dewasa. Pendalaman karakter, penguasaan dialog, sampai dialek bahasa Jawa yang ditampilkannya, mampu menyihir mata penonton. Hal ini terbukti dari 13 nominasi film Kartini di ajang Festival Film Indonesia 2017.

Demi memerankan tokoh Kartini, Dian Sastrowardoyo harus menghayati kondisi perempuan bangsawan Jawa kala itu. Dimana, bahasa yang digunakan adalah bahasa Jawa halus dan bahasa Belanda. Tak hanya itu, dirinya juga harus membiasakan laku dhodhok atau berjalan dalam posisi jongkok.


Itulah beberapa aktris yang pernah memerankan sosok RA Kartini di layar lebar. Kelima-limanya mampu menampilkan akting yang bagus, dan berhasil memerankan sosok pejuang emansipasi perempuan itu dengan sangat baik. Kalau menurut kamu, siapa aktris pemeran Kartini favoritmu?
Previous
Next Post »