Tiga Trik Membuat Boba agar Tidak Lengket


Pipo - Meski telah mengikuti resep membuat boba pearl atau tapioca pearls, ternyata masih sulit dibuat. Kebanyakan boba yang dihasilkan, masih lengket. Hal ini memang sifat alami tepung tapioka atau kanji, yang semakin lengket jika dimasak. Namun, itulah yang membuat boba menjadi kenyal dan enak dikunyah.

Lantas, bagaimana caranya agar boba yang dimasak tidak lengket? Ikuti saja tiga trik berikut ini.

1. Balur dengan Tepung

Setelah membuat adonan boba hingga berbentuk bulat-bulat, anda bisa membalur atau melapisinya dengan tepung tapioka lagi. Hal ini berguna agar boba tidak saling menempel saat direbus nantinya. Sebelum direbus, pastikan semua permukaan boba terlapisi secara merata. Jika selesai, saring boba dari tepung tapioka. Kemudian, rebus adonan boba tadi hingga matang.

2. Bilas Kembali dengan Air

Setelah boba yang direbus telah mengapung, angkat dengan saringan dan letakkan dalam air bersih. Bilas boba tadi dengan air tersebut agar tidak lengket. Sebab boba akan rentan lengket setelah direbus. Apalagi sifat air rebusan boba sifatnya kental. Hal inilah yang membuat boba lengket satu sama lain.

3. Rendam dengan Air Es

Setelah dibilas, rendam boba matang tadi ke air dingin atau air es. Dengan cara ini, bisa menghentikan pemasakan boba dan membuat tekstur luarnya lebih padat. Sehingga boba tidak lengket dan saling menempel. Kemudian, boba pun siap dicampurkan dengan air gula merah.

Itulah beberapa trik yang bisa dilakukan agar boba tidak lengket. Semoga trik yang telah disampaikan itu, bisa bermanfaat dan selamat mencoba di rumah. Untuk menengok tips dapur lainnya, langsung saja klik di sini.
Previous
Next Post »